Jumat, 24 Juli 2015

Tanya Jawab Hipnoterapi

Hal yang sering ditanyakan (T) berserta jawabannya (J) dalam Hipnosis dan Hipnoterapi :


T : Apakah semua orang dapat dihipnosis?
J : Ya - dengan mendekatkan (diakali/ dimanipulasi) kepada 3 syarat untuk proses hipnosis berjalan lancar, namun untuk keadaan tertentu tidak dapat dimediumkan oleh terapis, misal anak yang terlampau kecil atau kekurangan mental (belum ada fokus), orang pencandu narkoba berat, dalam strees berat, dan sebagainya. Walaupun demikian Anda masih dapat meng-hipnotis diri sendiri, bahkan faktanya secara normal paling sedikit dua kali sehari dalam keadaan hipnosis, misal dalam keadaan minggigau atau tidur berjalan, dalam keadan mengatuk sebelum meninggalkan tempat tidur, saat terlalu asik menonton televisi atau saat membaca buku yang menyenangkan, dan sebagainya.
3 Prasyarat orang agar dapat dihipnosis :
- Bersedia secara sukarela tanpa paksaan (atau tidak tahu akan dihipnotis).
- Mampu berkomunikasi verbal secara normal (atau dengan hipnotis non-verbal yang lebih sulit).
- Mampu berkonsentrasi dan fokus.

-- Semua Hypnosis adalah Self-Hypnosis, terapis hanyalah medium yang memfasilitasi permasalahan Anda --

T : Hipnosis dapat mengendalikan orang (mind control)? (MITOS)
J : Hipnosis hanya dapat memasukan sugesti dalam belief system dan self image dari sistem bawah sadar Anda. Masih banyak sistem bawah sadar yang lebih kuat dan hanya bisa dikendalikan sepenuhnya oleh Anda, dan semua sugesti hanya bisa masuk jika bawah sadar Anda mengijinkannya dan tidak menolaknya sesuai dengan nilai dasar (value) yang sudah ada pada diri Anda. Seorang hipnoterapis tidak menanamkan nilai sesuai keinginannya (will), kecuali dari seorang yang berkompeten untuk hal itu (orang tua pasien, pemuka agama, dokter, psikolog, dll). Nilai yang digunakan adalah nilai positif dan sesuai dengan pasien sendiri, jika Anda memiliki ketakutan ini silahkan bawa pasangan/ teman Anda agar dapat menjaga diri dan menghindari kewatiran ini.


T : Jika dalam trans hipnosis saya tidak akan ingat apa- apa? (MITOS)
J : Anda dapat tetap mengingat dan menyadari apa yang terjadi dalam proses hipnosis. Anda tetap dapat menjawab semua pertanyaan yang diajukan dan dapat menolak menjawab yang tidak ingin Anda jawab. Bahkan Anda bisa batuk, menggaruk bagian tubuh yang gatal, menelan ludah, menggerakkan tangan atau kaki, dan bahkan menangis namun tetap berada dalam kondisi hipnosis sesuai keinginan Anda. Anda hanya bisa lupa proses hipnosis bila disugestikan melupakan dan Anda menginginkannya.


T : Kalau saya dihipnosis, saya takut tidak bisa bangun lagi atau apakah ini terapi yang berbahaya?
J : Hipnosis sangat aman dan merupakan kondisi di mana kita mengendalikan diri sepenuhnya. Setiap saat kita ingin menghentikan kondisi trans hipnosis, maka kita dapat menghentikannya secara wajar dengan membuka mata, berbicara tenang, meregangkan badan atau kita tiba-tiba teringat hal lain yang mengganjal pikiran kita.


T : Apakah ada effek samping dari proses hipnotis?
J : Tidak ada. Terapis profesional akan menghindari semua kesalahan pada sugesti dan metoda terapi yang dilakukan. Semua yang terjadi selama keadaan hipnosis hanya dalam pikiran dan Anda sepenuhnya mengendalikannya. Dan tidak seperti obat- obatan baik itu kimia maupun herbal yang dapat terjadi kelebihan dosis, ketergantungan, maupun efek samping lainnya.


T : Saya akan dibuat malu? Seperti dibuat melupakan sesuatu, membuka rahasia, menyalak seperti anjing, dan sebagainya.
J : Pemikiran seperti ini berdasarkan Stage Hypnotism (untuk hiburan) dan cerita- cerita dalam film atau lainnya. Sebenarnya, orang-orang dalam hipnosis panggung adalah orang-orang sukarelawan yang mau beraksi di panggung dan mereka mau berpartisipasi untuk mengikuti sugesti- sugesti yang lucu, karena mereka sendiri menyenangi dan terhibur untuk beraksi demikian. Bahkan banyak hiburan hipnosis yang mengunakan orang bayaran (combe/ stooge). Sedangkan dalam hipnotherapy, prosesnya sangat serius dalam penyelesaian masalah, bukan hiburan. Kemudian hipnoterapi bukan alat tes kebohongan dan sesi hipnoterapi sangat pribadi, pengungkapan hanya bertujuan untuk penyelesaian masalah dan Anda memiliki kendali untuk tidak mengukapkannya.


T : Apakah semua orang bisa dihipnosis dengan mudah seperti di tayangan TV?
J : Acara TV merupakan hiburan yang membutuhkan proses yang cepat karena jam tayang dan proses yang dapat membuat penonton terkesima. Hanya ada sekitar 10% dari populasi manusia yang memang memiliki sugestibilitas sangat tinggi sehingga mudah sekali diinduksi untuk masuk dalam keadaan hipnosis. Dan kebanyakan acara TV sudah mempersiapkan konsep acara, penonton, serta menyeleksi calon suyet, bahkan pemain bayaran sebelum tampil di TV. Walau banyak acara TV mengunakan praktisi Hipnosis sungguhan, namun selama ini tidak ada acara TV yang menayangkan secara lengkap tahap dan proses hipnosis. Berhati- hatilah gaya hipnosis hiburan tidak direkomendasikan untuk proses hipnoterapi.


T : Apakah hipnosis berasal dari kekuatan atau berhubungan dengan gaib, mistis, klenik, atau supernatural? (MITOS)
J : Sejak abad 18, lembaga kedokteran Perancis yang dipimpin Benjamin franklin telah membuktikan dan menyatakan bahwa hipnosis (saat itu disebut sebagai Mesmerism/ Magentism) seperti yang dilakukan oleh Mesmer tidak ada kekuatan gaib apapun, tetapi yang terjadi adalah kekuatan sugesti. Seorang juru terapi hipnosis bukan seorang cenayang atau paranormal ataupun seorang peramal yang mempunyai kesaktian khusus, keadaan hinosis adalah wajar yang dapat dipelajari secara ilmiah. Hipnoterapi dikembangkan berdasarkan risert klinis oleh psikolog-psikolog terkenal seperti Dr. Sigmund Freud, Dr. Carl Jung, dan yang terakhir oleh Dr. Milton H. Erickson, Dr. Dave Elman, Dr. John Kappas, dan lain-lain. Bahkan dibanyak negara ilmu hipnosis sudah diterima dan sudah menjadi cabang dari ilmu phisikologi terapi.


T : Hipnosis adalah pengobatan yang ajaib/ muzizat. Hanya dengan suatu sugesti sederhana seorang subjek dapat langsung berubah saat dia dibangunkan, seperti yang ada di hipnosis hiburan. (MITOS)
J : Hipnosis merupakan proses secara phisikologi bukan obat ajaib/ instan maupun proses cuci otak (brainwashing). Setiap pribadi adalah unik, respon seseorang berbeda- beda dan hanya akan mengubah apa yang mereka ingin ubah sesuai dengan nilai- nilai yang dimilikinya. Kemudian hanya berpengaruh dalam belief system dan self image dari sistem bawah sadar Anda, tidak ada pengaruh langsung dengan keadaan dan kemampuan fisik. Jadi sangatlah aneh jika ada terapis yang dapat menjanjikan berlebihan atau misal mampu merubah kepintaran (IQ) Anda dalam sekejap karena itu adalah bagian dari keadaan dan kemampuan fisik, namun wajar jika yang dijanjikan adalah yang ditingkatkan adalah motivasi dan minat Anda untuk belajar (tetap membutuhkan proses).


T : Apakah self-hypnosis lebih baik dan aman daripada di-hipnoterapi oleh seorang yang profesional?
J : Benar untuk beberapa kasus yang sudah jelas masalah dan penyelesaiannya. Tetapi untuk kasus yang berat, biasanya dalam self-hypnosis muncul pertentangan antara sugesti yang dibuat dengan nilai dasar yang ada. Jika ternyata tidak ada kecocokan maka akan terjadi pertentangan antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar. Sehingga sulit menemukan penyelesaian. Kalau hal ini terjadi, akan mengakibatkan kita bertambah stress dan menimbulkan masalah baru di kemudian hari. Seorang hipnoterapis adalah seorang medium atau yang akan membimbing pasien/ klien mengakses pikiran bawah sadarnya sehingga didapatkan kecocokan antara pikiran sadar dan bawah sadar pasien.


T : Apakah hipnoterapi bisa membantu saya melupakan sesuatu kejadian atau seseorang?
J : Hipnosis tidak bisa membuat seseorang menghilangkan atau mengantikan ingatan akan sesuatu secara permanen. Sistem ingatan permanen (memory bank) memang diatur pikiran bawah sadar, namun sugesti hanya masuk dalam belief system dan self image bukan untuk merubah ingatan permanen Anda. Contohnya hipnosis hiburan sering kali diperlihatkan betapa seseorang bisa dibuat untuk melupakan nama atau identitasnya, namun hal tersebut tidak akan berlangsung secara permanen dan suyet tersebut dapat mengingatnya kembali dengan mudah. Dalam hipnoterapi yang berhubungan dalam masa lalu Anda dapat memilih untuk melupakan (sementara) atau merubah cara pandang (memaafkan, bertahan, berkompromi, dan sikap lainnya) yang dapat bersifat permanen, misalnya untuk trauma memaafkan akan lebih baik daripada melupakan.


T : Saya tidak dapat dihipnotis karena pikiran saya terlalu kuat, telalu kritis, analitis, dan tidak dapat fokus. (MITOS)
J : Ini adalah suatu kepercayaan yang kolot dimana saat ini telah dibuktikan bahwa hal itu tidak benar. Ini adalah pikiran lama dimana hanya sekian persen populasi yang dapat mudah atau sulit dihipnosis. Seorang hipnoterapis profesional memiliki metoda- metoda agar dapat menyesuaikan keadaan pasien, sehingga pasien mau dan dapat berpartisipasi pada proses hipnoterapi.
Sekali lagi, Andalah yang memutuskan untuk dihipnosis atau tidak dalam rangka menyelesaikan masalah Anda. Dan ingat seperti diatas Anda setidaknya dua kali setiap harinya dalam keadaan hipnosis secara alami.


T : Apakah hasil terapi bertahan selamanya atau ada masa efektifnya?
J : Untuk beberapa kasus Anda dapat menentukan masa efektifnya, misalnya untuk diet ekstrim Anda dapat meminta dalam jangka waktu 2 minggu, 1 bulan, dan sebagainya. Untuk sugesti yang positif dan niat berubah Anda sudah 100% maka sugesti dapat bertahan permanen, namun dapat berakhir jika Anda terpengaruh kesadaran, keinginan, dan keadaan negatif lainnya. Jika ini yang terjadi maka pasien membutuhkan sesi konsultasi tambahan sebagai penguatan (reinforcement).


T : Berapa usia yang cocok untuk menjalani sesi hipnoterapi?
J : Usia paling muda untuk menjalani sesi hipnoterapi adalah 5 tahun. Di bawah usia ini belum memiliki fokus yang cukup, orangtua yang harus belajar menjadi "terapis" anaknya sendiri dengan melakukan di rumah hal- hal yang disarankan atau diajarkan oleh hipnoterapis. Usia 5- 11 tahun adalah yang sangat mudah untuk di hipnoterapi karena area kritis yang belum terbentuk sempurna. Untuk usia lanjut tergantung pada kesehatan mental dan fokus yang dimiliki pasien, umumnya dibawah 70 tahun masih cukup mudah untuk mengikuti hipnoterapi.


T : Apakah orangtua/ pasangan/ teman boleh ikut menyaksikan sesi hipnoterapi?
J : Untuk anak sangat disarankan untuk diantarkan orangtua ke tempat terapi atau dengan terapi privat di tempat klien/ pasien. Untuk pasien dewasa jika Anda memiliki kekawatiran tentang proses hipnosis (terutama berangapan seperti pengendali pikiran diatas) sebaiknya Anda membawa pasangan/ teman dalam sesi terapi untuk menghindari kekawatiran ini. Rasa kawatir adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam proses terapi.


T : Berapa banyak sugesti atau masalah yang dapat diselesaikan dalam suatu sesi hipnoterapi?
J : Hipnoterapis profesional umumnya hanya mau menerima penyelesaian maksimal dua permasalahan dalam suatu sesi agar tidak berlebihan sugesti yang dimasukkan (over-load). Orang dewasa bisa duduk tenang selama satu atau dua jam menjalani sesi hipnoterapi untuk memperdalami masalah hingga tuntas permasalahnnya. Untuk anak biasanya terapi dipecah menjadi beberapa sesi kecil disela dengan istirahat untuk diskusi atau bermain, karena rentang fokus dan kemampuan menerima sugesti yang biasanya lebih pendek.


T : Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tiap sesi?
J : Rata- rata tiap sesi terapi membutuhkan waktu sekitar 1- 2 jam. Namun dapat dikurangi bila informasi yang didapat sudah cukup saat membuat janji bertemu melalui telepon. Untuk pasien anak umumnya lebih waktunya lebih singat.


T : Perlu berapa sesi untuk setiap permasalahan?
J : Sangat bergantung pada masalah yang akan diatasi dan pribadi pasien. Tujuan yang utama adalah menyelesaikan masalah dalam waktu sesingkatnya setidaknya memiliki perkembangan tiap sesinya, umumnya berkisar antara 1 sampai 4 sesi terapi. Namun untuk masalah yang sangat berat dapat berlangsung 4-8 sesi.


T : Apa dapat dipaksakan bila seseorang tidak bersedia terapi untuk tujuan tertentu yang diinginkan oleh anggota keluarga/ kerabatnya?
J : Terapi tidak dapat dipaksakan kepada siapapun karena prasyarat yang sukarela sudah ditulis sebelumnya diatas. Walau dapat dilakukan tanpa sepengetahuan pasien tetapi tidak akan dapat melawan nilai dasar (value) dan kehendak pasien, kecuali dari seorang yang berkompeten yang telah disebutkan diatas. Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mendapatkan kerjasama dari pasien dengan negosiasi yang sebaiknya merupakan solusi salng menguntungkan (win- win solution). Misalnya pasien anak yang tidak ingin di terapi agar rajin belajar, sebaiknya ditawarkan untuk diterapi agar tidak membenci pengajar (guru) atau menyukai pelajaran karena secara automatis akan menigkatkan gairah belajar, atau ditawarkan menyukai kegiatan atau keterampilan lainnya misalnya olah raga, bernanyi, atau apa saja yang anak suka.


T : Apakah seseorang perlu berhenti minum obat sebelum atau sesudah sesi hipnosis?
J : Untuk ini Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda. Hipnosis digunakan berdampingan dengan perawatan medis yang sedang dijalani pasien bukan untuk menggantikannya, terutama untuk penyakit yang berkaitan dengan kondisi fisik.


T : Apakah ada garansinya/ dijamin kesembuhan dalam hipnoterapi?
J : Hipnoterapi adalah kontrak upaya bukan kontrak hasil. Upaya sesuai kode etik profesional tidak dapat disebutkan jaminan atau kepastian sembuh. Namun kepercayaan dan niat Anda sangat kami butuhkan dalam menfasilitasikan perubahan yang Anda inginkan.


Dari pengalaman dan berbagai sumber.
Arif H. S.T., CHt.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar