Sabtu, 08 Oktober 2016

Memahami Ego dan Peran dalam Hidup

Watak atau karakter dari diri manusia di desain untuk melakukan banyak peran.

Manusia dalam hidupnya pasti memiliki banyak peran, misalnya Anda harus bisa menjadi seorang pelajar, pekerja, pemimpin, teman, kakak, adik, orang tua, Paman bibi, tetangga, dan sebagai nya dalam hidup ini tergantung siapa dan keadaan yang dihadapi.

Jika anda hanya bisa 1 peran dalam hidup ini. Dipastikan anda pasti gagal dalam menjalani hidup.. karena setiap peran membutuhkan beda sikap dan tindakan.

Maka itu manusia diciptakan memiliki multi ego... masing2 ego bisa menangani 1-3 peran dalam hidup ini. Tiap ego bisa dalam tingkatan atau level ego yang beda... apakah itu id, ego, atau super ego. Ego sendiri dapat diartikan sebagai keakuan... dimana aku itu artinya bersifat inklusif...

Antar ego sendiri bisa bertentangan atau konflik... atau juga bisa saling bersinergi...

Ada pula ego yang bersembunyi.. menyangkal... protektif... positif.. tercerahkan.. bahkan sampai si aku yang cacat... tergantung pada tahap dan pengalaman apa yang terjadi pada saat si ego ini terbentuk.

Jadi saat kamu panggil seseorang... "Hai kamu..." itu bisa DIA yah beda... tergantung dari si AKU yang lagi tersadar dan meresponnya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar